Sistematika Menulis Buku Ajar
Pertemuan ke : 19 KBMN_28
Tanggal : 20 Febuari 2023
Tema : Menulis buku ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator : Mutmainah
Tepat pukul 19.06 WIB di malam putaran ke 19 kembali Emut Lebak nama sapaan moderator kali ini Ibu Mutmainah akan menemani sobat nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Menurut Ibu Emut Lebak Menulis merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan.
Seperti biasa pertemuan ini kita akan bagi dalam 4 sesi
- Pembukaan
- Paparan materi
- Tanya jawab
- Penutup
Narasumber pada pertemuan malam ini oleh Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu. Materi yang disampaikan dengan tema menulis buku ajar.
Materi menulis buku ajar yaitu:
- Bahan Ajar VS Buku A
- Pentingnya BA dalam pembelajara.
- Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikira.
- Cara Penulisan Buku Ajar.
- Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
"Sebagai penulis buku bekal dasar adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen"
Bahan Ajar vs Buku Ajar
Bahan Ajar
- Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
- Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
- Bahan Ajar Cetak: buku Teks, buku Referensi, dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ, Panduan = Petunjuk = Pedoman, Atlas = Peta, Diagram = Poster. Brosur = Leaflet = Manual.Bahan Ajar non-Cetak, Internet = Web Based Courses = e-learning, CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer, Slide • Video / TV, Audio / Radio.
Buku Ajar
Definisi
Buku Ajar Penting dalam Pembelajaran
- Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
- Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
- Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
- Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
- Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Trilogi Pembelajaran
- Tujuan
- Strategi
- Penilaian
"Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu"
Keuntungan Buku Ajar Bagi Guru
- Promosi kenaikan pangkat
- Mendapatkan insentif
- Finansial-Royalti
- Eksistensi Diri
- Media ekspresi
- Branding Personal dan Institusi
- Penguatan keilmuan
"Guru adalah agen aktivitas pembelajaran"
Jenis-jenis Buku Ajar
- Buku ajar
- Buku modul
- Diktat
- Petunjuk praktikum
- Buku tutorial
Buku Ajar pada umumnya
Buku Teks pada umumnya
Cara Menyusun Buku Ajar
- Penataan informasi (compilation text). Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPP yang telah disusun
- Pengemasan kembali (information repackaging). Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPP.
- Menulis sendiri (starting from scratch). Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.
Prosedur Koplikasi
- Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per bahan kajian sesuai dengan RPP.
- Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per bahan kajian sesuai dengan RPP.
- Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan bahan kajian yang sesuai dengan RPP.
- Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap bahan kajian/BAB.
- Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap bahan kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
- Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.
Prosedur pengemasan Kembali Informasi
Petunjuk belajar bagi siswa.
- Latihan
- Ringkasan
- Umpan balik
- Evaluasi formatif.
Pertimbangan Penulisan Buku Ajar Oleh Guru/Dosen
- Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).
- Guru mempunyai kemampuan menulis.
- Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.
- Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajara
Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
Sistematika Buku Ajar
- BAB 1 Pendahuluan
- Penyajian
- Penutup
- Daftar Pustaka
- Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata
Pada: BAB I
- Kemampuan Akhir
- Indikator
- Pendahuluan, terdiri dari:
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai
Daftar Indeks (jika diperlukan).
- Buku bermutu yg bisa mengukur adalah masing2 guru pengampu mata pelajaran, RPS yg dibuat itu dasarnya, sesuai kurikulum dan saat ini didukung bgmn implementasi dg merdeka belajar itu sangat dibutuhkan saat ini, kolaborasi kurikulum, seni merancang ide2 guru tentunya yg sesuai dg kondisi dan karakter siswa di manan siswa itu berada
- Buku referensi ini adalah hasil penelitian yg didukung oleh beberapa temuan sebelumnya yg bisa mendukung hasil penelitian secara ilmiah.
- Buku ajar hasil desain seorang guru dari RPP, tentunya adalah guru bisa mengambil cuplikan hasil penelitian atau materi yg sangat menarik di anatara materi yg sdh di siapkan diangkat mjd sebuah buku ajar, ini menarik skli, spt buku sy yg menang tsb adalah hadil peneltian di sekolah/kampus krn menarik saat itu perlu ilmu ttg belajar jarak jauh terutama ilmu BK yaitu bgmn siswa/mhsw memiliki sikap menghormati/menghargai guru/dosen dalam belajar.ini namanya buku bernovelty, buku yg ada ruh nya
- Kita membuat buku juga berdasarkan hasil observasi bahwa nilai kebutuhan buku tsb yg akan menggunakan hrs sesuai, syukur2 juga melakukan penyebaran angket untuk kebutuhan buku selain observasi dan waancara terkait kebutuhan buku tersebut.
Mantap resumenya..
BalasHapusTerima kasih Bunda 🙏 semangat 💪
HapusResumenya sangat lengkap bu...
BalasHapusTerima kasih 🙏👍
HapusGood resume
BalasHapusThanks mom🙏
HapusResumenya lengkap, mantap👍
BalasHapusTerima kasih bunda cantik 🥰
Hapus